Hello, welcome to my world. The world full of love. Sometimes i'm not sure axactly what i'll be writing about on this blog but this blog is about share, this is my playground where i can share everything that i have with you.

I am Ronald Selatan (rselatan) living and enjoing Bali so much, I'm a fulltime lover. People says if you want to know my self, just read up this blog. This is a site of LOVE.

HOME | DE SOUTH | MARKETPLACE | CONTACT
_________________________________________________________________

Thursday, July 03, 2008

New Age Movement

Pernahkah kalian mendengar tentang gerakan jaman baru, atau lebih dikenal New Age Movement (NAM)? Ini adalah sebuah gerakan di bidang spiritual dan sosial yang saat ini sedang masuk dan mempengaruhi dunia. Bahakn dunia "barat" yang kental dengan kekristenan pun saat ini mulai pelan-pelan ditaklukkan oleh gerakan zaman baru ini. Dalam pengajarannya, new age berfokus pada banyak hal bahkan menguasai hampir seluruh aspek kehidupan, merangkul berbagai kepercayaan, dari agama-agama timur hingga dunia mistik barat dan dunia moderen. Terlebih lagi saat ini di Amerika, new age sudah banyak beradaptasi dan sangat dipengaruhi oleh kebudayaan materialistik yang ada sehingga sangat diterima di lingkungan sekuler maupun kultur kebebasan (liberty).

Jangan pernah salah dengan berpikir bahwa ke Kristenan dapat dengan mudah menghadapi dan membedakan pengajaran mereka. Sebagaimana new age movement menggunakan berbagai ajaran agama dan kepercayaan, mereka pun tidak segan-segan menggunakan kebenaran alkitab sebagai referensi pengajarannya.

Sungguh mengesankan bagaimana orang-orang tersedot dan dipengaruhi oleh pengajaran new age ini. Mereka hampir mempengaruhi semua area kehidupan - sosiologi, psychology, kedokteran, pemerintahan, ekologi, ilmu pengetahuan, seni, pendidikan, komunitas bisnis, media, entertaimen, olahraga, dan bahkan gereja. Mereka dengan kreatif bermutasi dalam berbagai bentuk, dalam dunia gereja mereka berwujud seperti Christian science, dan berbagai pengajaran tentang injil kemakmuran ataupun dalam bentuk pengajaran yang baru. Sedang di dunia sekuler mereka hadir dalam bungkusan berbagai seminar memaksimalkan potensi manusia, dan banyak lagi hal seperti pengobatan alternativ, dan kekuatan pikiran. Jika kita adalah yang orang jeli, bahkan Anda akan menemukan hal ini sudah masuk dalam berbagai kurikulum sekolah dan dunia pendidikan.

Ajaran yang menjadi patokan utama dan yang umumnya dibagikan oleh new age adalah kombinasi dari pengajaran gnostik dan okultisme. Gnostik adalah ajaran kuno yang mengajarkan bahwa bahwa pada kenyataannya manusia adalah tuhan bagi dirinya sendiri. Dalam diri manusia ada kekuatan yang tidak terbatas, dan hal itu bisa dialami oleh seseorang melalui suatu proses tertentu. Ajaran mereka lebih sering disebut sebagai "kebenaran universal".

Lalu hal apa yang bertentangan dengan kebenaran firman Tuhan? Mari kita lihat:

1. New Age mengajarkan Tuhan bukanlah sebuah pribadi, tetapi hanyalah kekuatan tak terbatas yang ada disekitar kita.
2. Tuhan ada dalam semua hal dan semua hal adalah Tuhan. Tuhan bukanlah sumber dan pencipta segala sesuatu tetapi hanyalah bagian dari segala sesuatu itu.
3. Tidak ada sesuatu yang bukan Tuhan (Pantheism).
4. Tidak ada dosa, tetapi hanya sebuah pengertian yang salah tentang kebenaran. Pengetahuanlah yang menyelamatkan, bukan Yesus.
5. Neraka itu tidak ada, neraka hanya sebuah pengalaman di bumi ini, dan itu adanya hanya di pikiran.
6. Yesus hanyalah satu dari banyak jalan yang menunjukkan kebenaran di bumi ini.

Jadi melalui hal ini dapat disimpulkan bahwa New Age tidak mengakui manusia adalah orang berdosa, sedangkan alkitab berkata, bahwa semua orang telah berbuat dosa (Roma 5:12). Dengan menganggap bahwa manusia adalah tuhan atas dirinya sendiri maka New Age mengajarkan untuk tidak bergantung pada Tuhan dalam segala sesuatu. Firman Tuhan berkata, "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari Tuhan." (Yeremia 17:7).

Jika ada dari kita yang gemar dengan buku-buku kesuksesan, dan seminar-seminar yang saat ini sangat ramai didatangi, pastikan Anda melakukan filter dan mengetahui dengan benar atas pengajaran yang dibagikan. Menurut saya ini tergantung dari diri kita masing-masing bagaimana kita menyingkapinya. Jika tidak, dengan tanpa sadar nilai-nilai kehidupan kita akan mulai berubah, dan tidak selaras dengan firman Tuhan.
Intinya hanya satu bahwa segala yang kita terima haruslah sesuai dengan firman Tuhan.

No comments: